Mengenal Brush Tool dan Fungsinya dalam Photoshop CS5

Brush adalah salah satu Tool penting yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti editing foto, rekayasa foto, menggambar manual dan lain sebagainya. Secara default, dalam Photoshop sendiri sudah tersedia berbagai macam jenis Brush dengan bentuk yang beragam. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini.

Mengenal Brush Tool dan Fungsinya dalam Photoshop CS5


Cara Menggunakan Brush
Mengoperasikan Brush Tool sangat mudah dan tergantung untuk keperluan apa. Teknik yang digunakan pun bermacam-macam. Bisa dengan cara menggosok atau hanya dengan sekali klik. Lihat contoh dibawah ini:

Mengenal Brush Tool dan Fungsinya dalam Photoshop CS5


Mengatur Tebal Tipis Warna
Pastikan Brush Tool dalam keadaan aktif. Atur Opacity dan Flow yang ada di property bar dengan cara mengisi angka atau menggeser slide. Semakin kecil angka, maka warna yang dihasilkan Brush Tool semakin tipis dan begitu juga sebaliknya.

Mengenal Brush Tool dan Fungsinya dalam Photoshop CS5


Mengatur Ukuran Brush Tool
Setidaknya ada dua cara untuk mengatur ukuran kuas Brush.

  • Pertama, pastikan Brush Tool telah aktif. Klik kanan tepat di atas kanvas kerja, lalu geser slider Size sesuai keinginan anda.
  • Kedua, menurut saya ini yang paling mudah, menekan tombol  “]” dam “[“ di keyboard.  Tombol “]” untuk memperbesar kuas Brush dan “[“ untuk memperkecil.

Menampilkan Jenis Brush yang lain
Pastikan Brush Tool telah aktif. Klik kanan tepat di atas kanvas kerja untuk memunculkan kotak dialog pilihan. Klik tanda segitiga kecil disamping kanan, lalu pilih jenis Brush yang ingin anda tampilkan. Misalkan Special Effect Brushes yang anda pilih. Klik Brush tersebut dan akan muncul kotak dialog konfirmasi, klik Append

Mengenal Brush Tool dan Fungsinya dalam Photoshop CS5


Untuk mengembalikan ke pengaturan awal, langkahnya hampir sama seperti di atas. Hanya setelah mengklik tanda segitiga kecil,  pilih Reset Brushes.

Memasukkan Brush dari Luar ke dalam Photoshop
Apabila jenis Brush yang ada dirasa kurang cukup dan kurang lengkap, anda bisa menambahkan jenis Brush dari luar dan memasukkannya ke dalam Photoshop. Caranya sebagai berikut: 
Pastikan anda telah mempunyai file brush yang akan anda masukkan ke dalam Photoshop.  File Brush (abr),  bisa anda cari di internet  dan yang free tentu saja.
      Aktifkan Brush Tool. Klik kanan tepat di atas kanvas kerja. Klik tanda segitiga kecil di samping kanan. Klik Load Brushes dan cari dimana letak file brush yang akan anda masukkan. Klik dua kali file Brush tersebut. Contohnya lihat gambar dibawah ini:

          Mengenal Brush Tool dan Fungsinya dalam Photoshop CS5

          Selamat mencoba :)


          3 comments:

          1. brush special effect photoshop saya ngga lengkap. saya bisa download dimana ya?

            ReplyDelete
          2. replica goyard bags replica gucci bags b8u62b5l69 replica bags gucci replica bags online uae check over here l8s47l0c24 zeal replica bags reviews next u3z69p0i13 best replica bags online zeal replica bags

            ReplyDelete