Fungsi Penting "Collect For Output" dalam Corel Draw X5

Dalam tulisan saya yang dulu, saya telah menguraikan pentingnya penggunaan fasilitas Prepare for Service Bureau dalam Corel Draw X4 (Baca: Pengertian Prepare for ServiceBureau dalam Corel Draw X4). Selain untuk menghindari Missing Font, juga mempermudah proses editing, terutama yang berhubungan dengan teks. 

Namun, dalam Corel Draw X5, fasilitas tersebut sudah tidak dapat kita temukan lagi.  Sengaja ditiadakan? Ternyata tidak. “Prepare for Service Bureau” hanya berganti nama menjadi “Collect For Output”. Fungsinya juga masih tetap sama. Untuk lebih jelasnya ikuti uraian berikut ini.
  • Buka dokumen Corel Draw anda yang terdapat teks di dalamnya dan belum di Convert to Curve.
  • Klik File> Collect For Output.
  • Saat muncul kotak dialog Collect For Output, klik Next.
Fungsi Penting "Collect For Output" dalam Corel Draw X5
  • Beri tanda centang “Include PDF” dan “Include “CDR” jika anda menginginkan hasil akhirnya nanti berbentuk PDF dan juga tentu saja CDR sebagai format aslinya. Pada pilihan Save as version, turunkan ke versi sebelumnya. Untuk lebih amannya, pilih Version 11.0. Hal ini memungkinkan orang lain dapat membuka dokumen kita meskipun menggunakan Corel Draw dengan versi yang lebih rendah dari yang kita gunakan. Klik Next. 
  • Saat muncul kotak dialog berikutnya, pastikan pilihan Include document fonts and font list telah diberi tanda centang. Klik Next. 
  • Pada kota dialog berikutnya, pastikan pilihan Include color profiles for output telah diberi tanda centang. Klik Next. 
  • Simpan dokumen anda dalam satu folder. Klik Next. 
  • Terakhir klik Finish.
Untuk memastikan tidak terjadi kesalahan, buka folder tempat penyimpanan dokumen yang tadi kita buat. Letak Folder biasanya tidak jauh dari tempat dokumen awal dan nama Folder nya pun sama dengan nama dokumen. Misalkan dokumen anda bernama “Kop Surat”, maka Folder nya pun bernama “Kop surat”. Di dalam Folder tersebut lengkap tersimpan data berupa dokumen asli (CDR), dokumen yang telah dibuat menjadi PDF, jeni huruf, color profile dan beberapa catatan kecil. Folder itu lah yang nantinya kita serahkan ke percetakan, jika anda ingin mencetaknya atau ke editor jika akan dilakukan pengeditan. Selamat mencoba:).


No comments:

Post a Comment