Memutihkan Wajah dengan Photoshop

Aplikasi: Photoshop CS4

Ingin wajah kita terlihat putih? Ada beberapa cara untuk membuatnya. Salah satunya trik yang yang akan saya jelaskan berikut ini. Dengan mempraktikkan langkah-langkahnya, diharapkan anda dapat memahami cara kerja sebuah Tool dan fungsi pengaturan warna sehingga memberikan sebuah efek tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tutorial sederhananya.
1.Buka sebuah gambar.

Memutihkan Wajah dengan Photoshop


2.Tekan D untuk mengatur warna Foreground dan Background menjadi hitam dan putih.

Memutihkan Wajah dengan Photoshop


3.Tekan Ctrl+0 untuk memperbesar area tampilan gambar atau anda bisa menggunakan Zoom Tool untuk memperbesar gambar secara manual dan lebih detail.

4.Pilih Brush Tool. Pada Option Bar pilih ukuran Brush Soft Round 40 pixels, Opacity 100% dan Flow 100%. Untuk ukuran Brush Tool gunakan tombol “[“ untuk memperbesar dam “]” untuk memperkecil.

Memutihkan Wajah dengan Photoshop


5.Tekan Quick Mask Mode di Toolbox.

Memutihkan Wajah dengan Photoshop


6. Sapukan Brush Tool di seluruh wajah dan leher kecuali alis, mata, bibir dan gigi. Setelah selesai tekan kembali Quick Mask Mode.

7. Tekan Ctrl+Shift+I untuk membalik area seleksi.

8. Tekan Select>Modify>Feather. Dalam kotak dialog Feather Selection isi Feather Radius 1 pixels. Setelah selesai tekan OK.

9. Tekan Ctrl+J dua kali untuk menduplikat hasil seleksi menjadi Layer 1 dan Layer 1 Copy.

10. Pilih Layer 1. Kemudian Pilih Image>Adjustments>Desaturate untuk menghilangkan warna gambar dan merubahnya menjadi grayscale.

11. Pilih Image>Adjustments>Levels. Pada kotak dialog Levels pilih mode Channel: RGB. Isi Input Levels dengan nilai: 0 – 0,75 – 255. Setelah selesai tekan OK.

12. Pilih Layer 1 copy dan pilih Blend Mode: Screen.

Memutihkan Wajah dengan Photoshop


13.Apabila wajah masih kurang putih, pilih Image>Adjustments>Levels. Pada kotak dialog Levels, geser slider di bawah Input Levels ke sebelah kiri dan sesuaikan dengan keinginan anda. Jika dirasa sudah cukup, tekan OK.

Memutihkan Wajah dengan Photoshop

14. Selamat Mencoba!

4 comments: