Mengantisipasi PC/Laptop yang Lemot dengan Wise Memory Optimizer

Bekerja dengan PC atau Laptop yang "lemot" memang menjengkelkan. Kita akan menunggu jeda yang lumayan lama ketika akan membuka sebuah aplikasi. Selain banyak waktu terbuang, pekerjaan kita pun menjadi terhambat.

Banyak faktor yang menyebabkan lambatnya kinerja sistem. File sampah yang menumpuk dan tidak dibersihkan (Disk Cleanup),  jarang melakukan "Defrag" atau banyaknya aplikasi yang aktif pada saat bersamaan. Jika ini terjadi pada PC atau laptop anda, ada cara mudah untuk mengantisipasinya. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Wise Memory Optimizer.

Selain berukuran kecil (1,58 MB) dan mudah dioperasikan, Wise Memory Optimizer juga bersifat Portable. Anda tinggal langsung menjalankannya tanpa perlu menginstallnya terlebih dulu. Sepanjang pengalaman saya, Wise Memory Optimizer terbukti dapat mempercepat kinerja sistem, sehingga mengurangi jeda saat membuka sebuah aplikasi.

Langkah-langkah pengoperasian Wise Memory Optimizer
  • Jika anda belum memiliki aplikasinya, download terlebih dulu dan simpan di hardisk anda (link untuk mendownloadnya saya sertakan di bawah postingan ini).
    • Setelah proses download selesai, extract Wise Memory Optimizer. Folder hasil extract pindahkan ke drive lain, misalkan drive D atau E.
    • Sekarang buka folder Wise Memory Optimizer.  Tepat di aplikasi Wise Memory Optimizer lakukan klik kanan dan pilih Send To>Desktop untuk membuat shortcut di desktop.
    • Setelah shortcut Wise Memory Optimizer muncul di desktop, double klik untuk menjalankannya.
    • Klik tombol hijau "Optimize Now" untuk memulai proses. Tunggu hingga tombol berubah menjadi hijau kembali. Setelah itu tekan tanda X (Close) untuk menutupnya.


    Selamat mencoba :)

    Tips
    Jalankan Wise Memory Optimizer saat kali pertama anda menyalakan PC/Laptop anda.

    Spesifikasi
    Wise Memory Optimizer
    Version: 3.24
    Price: Free
    Operating system: Windows XP/Vista/7/8
    Download

    2 comments:

    1. Kadang saya kalo lagi maen photoshop dengan size diatas 1 meter lebih sering nge lag, kalau untuk corel sepertinya lumayan lebih ringan.

      Berkunjung balik ya :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. yup, betul. sebuah aplikasi sifatnya hanya membantu, persoalan utamanya ada di spesifikasi memori kita. apalagi untuk keperluan grafis. memori yang cukup, memang dibutuhkan :). makasih atas kunjungannya.

        Delete