Membuat Video Presentasi dengan BB FlashBack Express

BB FlashBack Express  adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat Video Presentasi atau pun Video Tutorial. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini, menjadikan proses recording, editing, dan publishing video presentasi yang ada pada layar monitor menjadi hal yang sangat menyenangkan. Berikut ini akan saya jelaskan cara pengoperasiannya.

Membuat Video Presentasi dengan BB FlashBack Express

  • Pertamakali, rencanakan presentasi apa atau tutorial apa yang akan kita buat. Misalkan, tentang cara setting modem untuk paket always on internet Tri (3). Jika tema untuk presentasi/tutorial sudah anda siapkan, buka aplikasi BB FlashBack Express Recorder.
  • Di dalam kotak dialog  BB FlashBack Express Recorder terdapat beberapa pilihan pengaturan. Sebagai contoh, untuk pengaturan Record kita pilih Full Screen dan kita beri tanda centang pada pilihan Minimize to tray while recording. Jika sudah siap, tekan tombol merah untuk menjalankannya.
Membuat Video Presentasi dengan BB FlashBack Express
  • Mulailah anda jelaskan langkah-langkah cara setting paket always on 3. Pastikan anda telah menguasai betul cara-caranya agar anda tidak banyak melakukan pengulangan. Karena sebuah video sangat berkaitan dengan waktu (durasi), maka usahakanlah untuk membuat video presentasi/tutorial seefisien mungkin.
  • Setelah pembuatan presentasi/tutorial dirasa sudah cukup, tekan Shift+Ctrl+S untuk mengakhirinya. Pada saat muncul kotak dialog konfirmasi, pilih Save, beri nama, dan tentukan di lokasi mana file datanya akan disimpan.  Kemudian pada kotak dialog Recording complete, klik Export. Anda akan diminta untuk merubah format video presentasi/tutorial anda ke dalam format Flash atau AVI. Pilih sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya format Flash yang kita pilih lalu tekan OK.
Membuat Video Presentasi dengan BB FlashBack Express

  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog Flash Export Options. Tekan Export.
Membuat Video Presentasi dengan BB FlashBack Express

  • Dalam kotak dialog Save As, isikan nama dan tentukan lokasi penyimpanan file nya, lalu tekan Save.
  • Terakhir dalam kotak dialog Export to Flash, pilih Yes jika anda ingin langsung melihat video Presentasi/Tutorial yang baru saja anda buat. Selesai.
Secara garis besar, cara pembuatan video Presentasi/Tutorial dengan BB FlashBack Express seperti yang saya jelaskan di atas. Namun sebetulnya masih banyak fitur-fitur lain yang bisa anda manfaatkan dan maksimalkan. Silakan berkreasi dan selamat berekspermen :).


No comments:

Post a Comment